Beberapa waktu yang lalu saya diundang oleh JESC untuk melihat pabrik-pabrik pengolahan sampah di Chiba. Selepas itu, di Tokyo saya juga berkesempatan menyampaikan presentasi tentang kota Bandung dan apa yang sudah dilakukan Bandung untuk mengatasi masalah sampah.


Luar biasa ilmu yang sudah kami dapatkan dari perjalanan berharga ini. Untuk menjadi seperti Jepang, kita memang masih memerlukan perjalanan yang jauh. Tetapi, harus kita syukuri bahwa upaya yang dilakukan warga bandung sudah luar biasa. Jepang memerlukan waktu lebih dari 20 tahun untuk meraih pencapaian seperti sekarang. Bagaimana dengan kita? Dalam 2 tahun saja kita sudah dapat menyaksikan sendiri, terlihat perubahan-perubahan yang signifikan. Artinya, kita harus optimis bahwa suatu saat kita bisa menjadi se-keren Jepang.


Saat ini yang kita perlukan bukan regulasi atau teknologi, karena kita sudah mempunyai itu. Yang terpenting adalah perubahan perilaku masyarakat, untuk mau membuang sampah dan mau memilah sampah dari mulai sumbernya, yaitu rumah tangga. Insya Allah, tahun 2016 ini kami membuat program-program di PKK dan FRPBS yang sejalan dengan hal ini.


Alhamdulillah-nya lagi, pihak JESC dan JICWES mau membantu Kota Bandung, baik dalam sosialisasi, program, pendampingan maupun suntikan anggarannya juga. (Huhuy!)Insya Allah, dengan dukungan dari PD Kebersihan dan stakeholder lainnya kita siap menuju Bandung Bersih Bandung Juara.


Kalau mereka peduli... masa kita tidak?

Semangat yuk, warga Banduuung!
Comments
0 Comments

0 comments:

 
Cerita Atalia © 2013-2017. All Rights Reserved.
Top