Surprised! Wajah-wajah belia itu begitu cerah dan penuh semangat, dalam balutan seragam kebanggaan dan didampingi para pendidik yang penuh kesungguhan. Luar biasa! Kunjungan saya ke SMKN 7 Bandung, beralamat di Jl. Sukarno-Hatta No. 596, Sekejati, Bandung, menjadi sebuah pengalaman yang seru dan menyenangkan. Saya sedang menepati jadwal 'siaran keliling' yang memang mengambil lokasi di sekolah tersebut.

SMKN 7 Bandung adalah salah satu di antara begitu banyak sekolah menengah kejuruan berkualitas yang ada di kota Bandung. Sekolah ini memiliki empat jurusan: Kimia Industri, Analis Kimia, Farmasi, dan Penyempurnaan Tekstil.

Beberapa SMK lain yang pernah saya kunjungi dalam rangka kegiatan 'sarling' juga memiliki program kejuruan andalan masing-masing. Sebut saja di antaranya yaitu SMKN 3 Bandung (Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Sekretaris, Penjualan, dan Usaha Jasa Pariwisata), SMKN 5 Bandung (Teknik Bangunan, Konstruksi Batu Beton, Survey Pemetaan, Kimia Analisis, dan Komputer Jaringan) dan SMKN 9 Bandung (Pariwisata, Tata Kecantikan, dan Tata Busana).

Salah satu keunggulan SMK adalah para siswa dididik dan dilatih untuk menjadi lulusan yang berkompetensi, serta siap mengisi kebutuhan dunia kerja. Kang Emil dan jajaran Pemkot Bandung menaruh perhatian yang sangat besar pada sektor pendidikan, termasuk di antaranya eksistensi dan kemajuan sekolah-sekolah kejuruan.

Selain bangga dengan semangat anak-anak didik terpancar dari raut muka mereka, juga tentu saja atas berbagai prestasi yang sudah diraih sekolah menengah kejuruan tersebut, saya pun salut kepada para orang tua yang menyekolahkan anaknya ke SMK.

Hal yang menarik, para siswa SMK dari jauh-jauh hari telah memiliki visi yang jelas, tujuan hebat yang sedang mereka perjuangkan. Cita-cita itu sudah dibangun sejak awal, bahkan semenjak lulus SMP. Mereka mantap melangkah mewujudkan mimpi melalui SMK.

SMK adalah alternatif pilihan yang baik, sama kerennya dengan SMA dan MA. Tak hanya sekali ini saja saya mengunjungi sekolah yang berprestasi dan membanggakan di kota Bandung. Semua sekolah pantas mendapat apresiasi dan dukungan, demi pendidikan yang baik dan merata bagi anak bangsa.

Saya ikut bersemangat! Pula, sungguh berharap dan turut mendo'akan, semoga mereka, anak-anak kita, menjadi anak-anak yang sukses "menggapai asa meraih prestasi". Aamiin.
Comments
0 Comments

0 comments:

 
Cerita Atalia © 2013-2017. All Rights Reserved.
Top