Bandung - Istri Walikota Bandung Ridwan Kamil, Atalia Kamil hadir di acara seminar parenting mendidik anak tangguh. Atalia bicara soal peran ayah dan ibu dalam membentuk karakter anak di masa depan.

Seminar parenting dengan tema Mendidik Anak Tangguh (Mantu) ini diadakan di Mesjid Agung Trans Studio Bandung. Menurut Atalia, Bandung sebagai kota yang peduli terhadap generasi muda merasa perlu diadakan seminar yang membahas tentang anak yang merupakan cikal generasi penerus bangsa.

"Kota Bandung, Kota yang menyayangi generasi muda. Karena terbuktinya dari konsistensi membuat acara parenting seperti ini. Karena diambil manfaatnya, Ayah dan Ibu menjadi lebih sadar bahwa memiliki peranan yang penting sebagai orang tua dalam menciptakan kepribadian seorang anak," kata Atalia di depan peserta seminar, Selasa (18/10/2016).

Menurutnya kekhawatiran mengenai masa depan anak menjadi hal yang ditakutkan oleh setiap orang tua. Oleh sebab itu bila orang tua tidak peduli dengan kondisi sosial maka mereka tidak akan tahu apa yang terjadi terhadap anak-anak. 

Acara seminar ini juga menghadirkan Ustadz Erick Yusuf yang menjadi narasumber. Menurutnya orang tua di zaman sekarang cenderung permisif atau serba membolehkan terhadap kehendak putra-putrinya. 

Erick mengatakan konsep demokratis menjadikan orang tua memberikan keleluasaan pada anak secara berlebihan. Akibatnya, tidak jarang orang tua yang mesti melihat kebahagiaan saat anak-anaknya tumbuh dewasa, justru semakin merana karena ulah dan perilaku buah hatinya sendiri. 

"Itu artinya, ketegasan orang tua dan guru dalam mendidik buah hati kita sangat penting untuk membentuk ketangguhan anak," ucap Erick.

"Konsep Islam dalam mendidik anak yang utama ialah tanamkan tauhid dalam diri mereka, Ibu ialah universitas kehidupan. Dengan mengajarkan nilai kebaikan harus disampaikan dengan dikemas baik dan pada waktu yang tepat. Lalu nilai tersebut harus disampaikan dengan penuh rasa kasih sayang," tambahnya.

Menurut Erick secara umum pengasuhan akan lebih banyak dilakukan oleh ibu, sementara ayah lebih memiliki peranan dalam mencari nafkah. Meski demikian, peranan Ayah juga tetap dibutuhkan dalam mendidik anak. Baik terhadap anak laki-laki maupun perempuan. 

"Ayah harus terlibat dalam tumbuh kembang anak, berikan kesan positif bagi anak, berikan contoh nyata bukan hanya perintah yang disampaikan," kata Erick.

Selain Atalia dan Erick hadir juga aktor Sam Broodie dan Learning Director Danone Indonesia Steven Omar Yudiyantho. Sam yang mantan transgender ini berbagi pengalaman pribadinya. Sam menuturkan, bahwa peranan kerja sama ayah dan ibu dalam membangun benteng keluarga dapat menghalau serangan konspirasi yang dapat merusak. 


Comments
1 Comments

1 comments:

Cincin kawin said... 12/08/2016 03:25:00 PM

Ibu walikota memang cantik banget
Pak ridwan kamil ganteng ...
Jadi pas mantap ... top foto

 
Cerita Atalia © 2013-2017. All Rights Reserved.
Top