• Kabar

    Ponpes Al-Ashriyyah Nurul Iman, Inspirasi untuk Mandiri dan Berkemajuan

    Ponpes Al-Ashriyyah Nurul Iman adalah pondok pesantren di daerah Parung, Kabupaten Bogor, yang memiliki lebih dari 15.000 santri. Jumlah yang banyak dan mengagumkan. Saya sangat terkesan dengan apa yang saya saksikan, ketika berkesempatan mengikuti acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di ponpes tersebut.

    Tapi, bukan hanya itu yang bisa membuat kita berdecak kagum. Apa yang menarik? Selain jumlah yang luar biasa tersebut, kurikulum yang lengkap (termasuk ekskul-nya juga), semua santri di pondok ini juga ternyata tak dikenakan biaya alias gratis untuk belajar dan mondok di sana.
    Subhanallah…, jujur saja saya tidak habis pikir, bagaimana cara mereka mengurus begitu banyak santri? Bagaimana mencukupi dan mengelola kebutuhan makan-minumnya, pendidikannya, kesehatannya, kesehariannya dan lain-lainnya?

    Umi Waheeda, perempuan berdarah Singapura-Melayu, yang menjadi pimpinan ponpes ini, ternyata mendidik para santri untuk mandiri. Kemandirian menjadi hal yang sangat menonjol dan istimewa. Ponpes memiliki pabrik roti, mampu membuat sabun, membudidayakan bawang putih, bercocok-tanam dan menanam padi sendiri, sehingga mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

    Peminat untuk menjadi santri di lembaga pendidikan Islam ini juga semakin meningkat. Hal yang kembali menimbulkan kekaguman, bahwa tahun lalu para peminat tersebut sudah mencapai 25.000 orang dan hanya sanggup ditampung 15.000 orang saja.

    Subhanallah… semoga ponpes  ini menjadi inspirasi bagi kita. Apa yang saya saksikan kembali mengingatkan, bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama diniatkan untuk kebaikan. Sebab, dengan niat yang lurus dan mulia, maka Allah akan memberi jalan. Semoga ponpes ini terus berdiri dan memberi kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi dunia pendidikan. Aamiin.

    No comments:

    Langkah

    Inspirasi

    Media