• Kabar

    11 Januari 2019

    Mereka yang Kembali


    Setelah melewati 5 hari di dalam pendampingan kami, 3 remaja korban trafficking asal Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dikembalikan kepada orang tua masing-masing. Selama pendampingan tersebut, mereka mendapat pemulihan, motivasi dan pembekalan agar siap menghadapi hari esok yang lebih baik.


    Selanjutnya, ketiganya akan berada di bawah penanganan dan pengawasan yang dilakukan oleh P2TP2A kota atau kabupaten masing-masing, dengan pemantauan oleh DP3AKB Provinsi Jawa Barat.

    Saya berbisik di antara deraian air mata para ibu ketika melepas mereka. Saya berharap pengalaman pahit ini, seburuk apapun itu, memberi pelajaran paling berharga yang memacu mereka untuk bangkit dan berbuat yang terbaik di masa depan.

    "Hai, nak... lihat ibumu. Mereka begitu mencintaimu. Mereka berdoa dan berjuang tanpa lelah untuk mendapatkanmu kembali. Ketika kamu pulang ke rumah nanti, buatlah mereka tersenyum dan berjanjilah tidak akan membuat mereka bersedih lagi. Satu saat saya ingin mendengar ibumu bangga memilikimu," pesan saya.


    Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan untuk berbagai pihak yang telah bekerja keras dan melakukan upaya luar biasa untuk mendukung proses pemulangan para korban trafficking ini:
    - Polda Jawa Barat
    - DP3AKB Provinsi Jawa Barat
    - DP3APM Kota Bandung
    - DP2KBP3A Kabupaten Bandung
    - UPT P2TP2A Kota Bandung


    Tentu saja, secara khusus saya juga mengucapkan penghargaan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya untuk LPA Jawa Barat dan Relawan Komunitas Jabar Bergerak yang siang-malam telah mendampingi para korban sampai hari pelepasan ini.



    Kejadian ini kembali mengingatkan kita semua agar menjaga para buah hati dengan lebih baik lagi. Para anak muda pun sebaiknya semakin sadar dan waspada terhadap ajakan atau iming-iming kesempatan kerja dengan gaji fantastis, yang ternyata hanya merupakan jebakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab, bahkan tak memiliki rasa perikemanusiaan.

    Semoga setiap keluarga dan generasi muda di Jawa Barat selalu mendapat bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT. Aamiin ya robbal alamiin.

    Salam sayang,

    Atalia

    Ketua Umum Jabar Bergerak

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media