• Kabar

    29 April 2019

    Saat Atalia Ridwan Kamil Pusing dengan Berbagai Masalah Perempuan


    Atalia Ridwan Kamil, istri Ridwan Kamil, selalu aktif menghadapi masalah masyarakat sekitar sejak menjadi istri walikota Bandung. Namun, setelah Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat, Atalia menemukan semakin banyak masalah.

    “Saya menemukan semakin banyak masalah, seperti kasus kekerasan dalam rumah tangga, kasus stunting, kasus perceraian yang meningkat,” tutur Atalia, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Jawa Barat, saat menghadiri Acara Inspirasi Perempuan untuk Indonesia di Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019.

    Dia mengatakan kalau masalah-masalah ini kebanyakan juga berhubungan dengan masalah ekonomi. Atalia juga menemukan kasus-kasus yang unik, seperti kekerasan bukan hanya suami ke istri atau bapak ke anak, tapi bisa juga istri ke suami.

    “Pernikahan anak juga menjadi kasus yang terus meningkat,” lanjut Atalia.

    Ketika anak perempuan berusia 14 tahun sudah dinikahkan dan kalau 16 tahun belum menikah dianggap tidak laku, hal tersebut sudah menjadi masalah besar yang mengkhawatirkan, terutama karena pemikiran ini sudah menjadi pemikiran sosial yang dianggap normal oleh orang sekitar.

    “Di Jawa Barat itu banyak masalah. Ketika masuk ke pedalaman yang sangat luas, ini menjadi masalah. Paling sulit itu bagaimana meyakinkan orang lain, bagaimana meyakinkan perempuan-perempuan sehingga mereka mau belajar,” tutur Atalia. Dia melihat kalau di daerah, masih banyak keluarga yang merasa kalau perempuan hanya di rumah saja. Atalia mengatakan kalau di kota besar, banyak yang tidak melihat masalah ini. Namun, saat masuk ke pedalaman, dia melihat pentingnya pendidikan yang baik untuk semua.

    Atalia menjadi penggagas program Sekolah Perempuan Mencapai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta), yang menjadi upaya untuk pemberdayaan perempuan di Jawa Barat, agar bisa mewujudkan kesetaraan peran di masyarakat. Dengan program Sekoper Cinta ini, Atalia berharap bisa mengurangi kasus KDRT, perceraian, dan masalah lain yang dihadapi perempuan Jawa Barat.

    Sumber: Cantika.com

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media