• Kabar

    16 April 2022

    NgabubuRIDE: Membagikan Kebahagiaan dan Menyebarkan Inspirasi


    NgabubuRIDE, ngabuburit sambil ride, alias mengisi waktu sebelum berbuka puasa sambil berkendara motor sampai ke pelosok-pelosok desa. Hari Jumat (15/4/2022) yang lalu, saya bersama Pak Hengky (Plt Bupati Bandung Barat), Bu Sonya, dan puluhan teman-teman Omberko (Organisasi Motor Bersatu Kompak) melaksanakan kegiatan tersebut di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

    Sejak siang hari kami mulai bergerak dari Gedung Pakuan. Bersama Omberko KBB, kami berkendara menyusuri wilayah Ngamprah, Cipada, Pasir Langu, Cilame, dan Tagog Apu. Tak hanya berkeliling, rombongan NgabubuRIDE juga membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, juga warga yang ditemui di jalur yang kami lintasi.


    Selain membagikan sembako, saya dan Pak Hengky berkesempatan menyerahkan santunan kepada anak-anak yatim, dan alat tulis, serta buku iqra braille untuk anak-anak disabilitas netra.

    Jika ada pertanyaan, “Kenapa sih Bu Cinta, Pak Hengky, dan Bu Sonya seneng banget giginian?”, jawabannya adalah begini: Gengs, teman-teman, kalau sudah melihat senyum warga saat menerima kehadiranmu, wooo…, kamu bakalan ingin mengulang, mengulang, dan mengulang terus, untuk melihat senyuman seperti itu lagi.


    Kebahagiaan dan rasa syukur saat berbagi dengan mereka yang membutuhkan, tak bisa digambarkan dengan sederhana lewat kata-kata. Namun, kebahagiaan itu akan memanggil kita kembali untuk terus melakukannya dengan sepenuh hati.


    Terlebih lagi, bulan Ramadan ini, yuk, kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial. Saya berharap aktivitas NgabubuRIDE ini dapat memberi kebahagiaan dan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk melakukan hal yang serupa, dengan cara masing-masing, apapun itu, sebagai gerakan kepedulian pada sesama.


    Jika teman-teman komunitas Omberko dapat menjalankan giat seperti ini, maka tentu komunitas-komunitas lain juga dapat melakukan hal yang sama. Indah sekali jika kegiatan berbagi di bulan Ramadan menjadi rutininas tahunan bagi setiap komunitas, baik komunitas motor, mobil, atau apapun. Semoga hal ini dapat menyebar ke seluruh Jawa Barat.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media