• Kabar

    09 November 2018

    Cegah Sunting, Itu Penting!


    Hari ini saya berkesempatan mengunjungi Kabupaten Cianjur dan memenuhi permintaan untuk menjadi narasumber pada acara Pelatihan Duta Pencegahan Stunting. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Serbaguna Assakinah, Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

    Apa sih stunting itu? Kalau kita merujuk pada laman kemenkes, pengertian stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.


    Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

    Pencegahan stunting bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

    Tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu: perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.


    Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, sekaligus pada kemampuan daya saing bangsa. Anak stunted bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil), tetapi juga terganggu perkembangan otaknya, yang tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, serta produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif.

    Nah, kita sepakati ya. Cegah Stunting, itu penting!

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media