• Kabar

    20 September 2019

    Ada yang Aneh dengan Foto Saya?


    Hari Kamis (19 September 2019) yang lalu saya berkesempatan mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan para ibu OASE KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja) dalam sebuah kegiatan di Cilebut, Sukaraja, Kabupaten Bogor.

    Ada yang aneh dengan foto saya di atas, yang berasal dari kegiatan tersebut? Sampah. Ya, betul, ada sampah yang tampak begitu luar biasa volumenya.


    Acara yang kami hadiri adalah Pencanangan Aksi Gerakan Indonesia Bersih di bantaran Sungai Cipakancilan. Kondisi sungai sepanjang 8 kilometer yang melintasi wilayah kota dan kabupaten Bogor tersebut memang di beberapa titik dipenuhi sampah dan sempat viral diberitakan media.


    Ibu Iriana sempat menyatakan ngeri melihat tumpukan sisa sampah yang masih ada di anak sungai Cisadane tersebut. Padahal volume sampah di sungai Cipakancilan sebelumnya sudah sempat dibersihkan oleh personel TNI dari Korem 061 Suryakancana Bogor. Bayangkan, sisanya saja masih terlihat mengerikan.


    Terkait kehadiran anggota TNI, saya menyampaikan rasa salut, angkat topi atas peran mereka yang terjun langsung membersihkan sampah di sungai.


    Di sisi lain, apakah kita tega terus membuang sampah ke sungai setelah melihat kerja keras para personel tersebut?


    Terima kasih kepada Ibu Negara dan para ibu OASE KK yang menunjukkan perhatian dan langkah nyata untuk membersihkan sampah di beberapa titik di Jawa Barat. Selanjutnya, mari kita ikut berperan serta secara aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan.

    Sungai yang bersih, mengutip Ibu Negara, mudah-mudahan suatu saat dapat menjadi lokasi yang menyenangkan, bahkan bisa dijadikan lokasi rekreasi keluarga. Kuncinya, ada pada kesadaran kita semua.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media