• Kabar

    15 Mei 2020

    Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus), Tularkan Semangat Saling Bantu


    Apa sih yang selalu saya rasakan selama mengikuti kegiatan peduli dan berbagi melalui Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu Keliling)? Kegiatan ini mengambil tempat berkeliling dari satu lokasi ke lokasi lainnya, mulai dari ke panti-panti sosial, lalu ke kawsan rumah padat penduduk, ke jalan-jalan atau sasaran-sasaran lainnya.

    Yang saya dapatkan adalah kombinasi beberapa perasaan sekaligus. Ada terharu, bersyukur, bahagia, semua campur aduk jadi satu, setiap kali mengikuti kegiatan tersebut.

    Namun yang paling membuat saya bahagia adalah karena Gerakan Nasi Bungkus ini kini sudah merambah ke 27 kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat. Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan patut disyukuri.

    Kenyataan ini menunjukkan bahwa kini semakin banyak pihak yang peduli dan semakin banyak pula yang mau bergerak membantu orang lain. Hal sangat membahagiakan, karena seperti kita ketahui saat ini sangat banyak warga yang mengalami kesusahan akibat terdampak pandemi COVID-19.

    Pembagian nasi bungkus, meskipun tak menutupi keseluruhan kebutuhan sehari-hari warga, telah membantu meringankan beban mereka yang terdampak tersebut. Makan adalah kebutuhan yang amat mendasar. Paling tidak, ketika warga masih tetap dapat makan, maka satu hal pokok terpenuhi.

    Lebih dari itu, pembagian nasi bungkus ini menunjukkan kepedulian satu dengan yang lainnya. Kesetiakawanan sosial seperti ini dapat menumbuhkan harapan dan ketenangan. Kita tidak merasa sendirian.


    Gasibu memang belum, dan bahkan memang tidak akan pernah bisa, menjangkau semua yang membutuhkan. Namun minimal kegiatan Gasibu ini dapat menularkan semangat saling bantu di antara sesama warga Jawa Barat. Gasibu semoga menjadi pemantik bagi berkobarnya aksi kepedulian yang lebih besar lagi di antara kita.

    Saya ucapkan hatur nuhun, terima kasih sebesar-besarnya, untuk para donator, relawan dan pengurus Jabar Bergerak di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

    Tak lupa pula, ucapan apresisi setinggi-tingginya untuk seluruh warga yang dengan segala kreativitasnya telah dan selalu membantu sesuai kemampuannya, di lingkungannya masing-masing.

    Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan berada dalam perlindungan Allah SWT. Amiin.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media