• Kabar

    31 Juli 2021

    Sapa Warga Subang dan Purwakarta, Ridwan Kamil Bagikan Sembako dan Tinjau Vaksin


    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia Praratya, membagikan sembako kepada masyarakat di Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, Sabtu (31/7/2021).

    Uniknya, perjalanan ke Purwakarta harus ditempuh dengan sepeda motor lantaran menyusuri area pedesaan.

    Sepanjang perjalanan, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menepi dan menyapa warga. Ia dan istri sempat berbincang dengan warga sekaligus bertanya terkait kondisi selama pandemi Covid-19.

    "Saya keliling bersama istri untuk membagikan bantuan sosial untuk warga yang tidak terdata," ujar Emil dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (31/7/2021).

    Selain membagikan sembako, Emil juga sempat meninjau vaksinasi di Puskemas Pondoksalam, Desa Galudra, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. Kedatangan Emil dan Atalia disambut antusias oleh warga dan tenaga kesehatan (nakes).

    Emil mengatakan, vaksinasi perlu dipercepat untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity kendati kuota vaksin untuk Jabar sudah hampir habis.

    "Saya juga turun ke lapangan sekaligus mengecek vaksinasi di desa-desa. Kami meneruskan pencegahan dengan vaksinasi," imbuh Emil.

    Emil menjelaskan, vaksinasi merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, jumlah penduduk warga mencapai 50 juta jiwa, sedangkan kuota vaksin untuk Jabar dari pemerintah pusat jumlahnya semakin menipis.

    “Kami menunggu suplai jutaan vaksin dari pemerintah pusat hingga minggu depan untuk meningkatkan presentase vaksinasi di Jabar," tuturnya.

    Emil berharap, vaksin untuk Jabar segera tiba agar target vaksinasi rampung pada Desember 2021.

    Di samping itu, Emil menginstruksikan untuk memaksimalkan segala fasilitas untuk dijadikan sentra vaksin.

    "Contohnya, seperti ini jadi di desa, kampung, di mana ada tempat yang memadai, bisa di balai desa, sekolah, pesantren bahkan ada 100 mobil dari Shopee disumbangkan untuk dipinjamkan sebagak mobil vaksinasi untuk melengkapi ratusan ambulans yang kita konversi," jelasnya.

    Sumber: Kompas.com

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media