• Kabar

    01 Oktober 2021

    Alun-alun Aimas Sorong, Wujud Persaudaraan Masyarakat Jawa Barat dan Papua


    Alhamdulillah, saya bersyukur berkesempatan ikut mendampingi Kang Emil dalam kegiatan peresmian Alun-alun Aimas di Kabupaten Sorong, Papua, pada hari Jumat (1/10/2021).

    Peresmian Alun-alun Aimas Sorong ini memiliki makna penting, sebab bukan hanya menjadi fasilitas publik untuk tempat berkumpulnya warga, sehingga diharapkan ikut meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat, tetapi juga merupakan wujud nyata persaudaraan antara masyarakat Jawa Barat dengan Papua.


    Kang Emil yang ikut berperan dengan mendesain alun-alun tersebut, menyatakan bahwa dalam merancang desain tidak hanya untuk menjadikannya Ruang Interaksi Masyarakat, tetapi juga sebagai landmark kawasan, ruang terbuka hijau kota, dan meliputi penataan ruang-ruang publik lainnya, seperti trotoar dan persimpangan jalan.

    Kang Emil juga menyebut, desain Alun-alun Aimas terinspirasi oleh banyak hal, di antaranya yaitui banyaknya pohon-pohon besar di wilayah Sorong. Selain itu, alun-alun ini memuat simbol kebudayaan daerah, dan dilengkapi dengan sarana olahraga, taman bermain, dan fasilitas lainnya.


    Alun-alun Aimas terdiri atas sisi utara dan sisi selatan. Revitalisasi yang telah selesai dilaksanakan, dan diresmikan oleh Kang Emil, adalah yang berada di sisi utara. Sementara itu, sisi selatan masih perlu pengerjaan pada tahap berikutnya, yang semoga mendapat dukungan dari pemerintah pusat di masa depan.

    Semoga Alun-alun Aimas menjadi tempat istimewa yang ikut mendorong Kabupaten Sorong menjadi daerah yang lebih maju. Semoga pula berbagai fasilitas yang ada di dalamnya dapat terus terjaga dan dirawat bersama-sama.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media