• Kabar

    06 Desember 2022

    Berbagi dan Belajar Bersama tentang 5 Kunci Sukses Kepemimpinan


    Sebuah pintu yang harus dilewati untuk memasuki ruangan lain akan membutuhkan kunci untuk membukanya. Begitu pentingnya kunci itu, sehingga tanpanya maka seseorang bakal mengalami kesulitan saat ingin membuka pintu tersebut.

    Jika ruangan itu adalah simbol dari ‘kesuksesan’ dalam kepemimpinan, maka sudah sepatutnya seorang calon pemimpin pun menggenggam kunci yang tepat untuk dapat membuka pintu keberhasilan.

    Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan berharga untuk sedikit berbagi. Sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat saya menyampaikan 5 kunci sukses kepemimpinan kepada ratusan peserta Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Tingkat Nasional di Gedung Sudirman Pusdik Armed Cimahi, Senin (5/12/2022).


    LPK ini diselenggarakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Nasional selama enam hari, yakni pada tanggal 3-8 Desember 2022. Para peserta LPK merupakan perwakilan dari Kwarda se-Indonesia, yang sedang mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam kepemimpinan.

    Setidaknya, ada 5 hal yang saya sampaikan sebagai kunci pemimpin-pemimpin sukses. Jika ingin sukses, maka kelima hal ini harus dilakukan oleh para calon pemimpin, yakni:
    1. Harus berani menunjukkan diri (show up)
    2. Berani menyuarakan diri (speak up)
    3. Selalu berpikir ke depan (look up)
    4. Mampu bekerja sama (team up)
    5. Tidak mudah menyerah (don't give up)

    Tak hanya kelima hal di atas yang amat penting untuk dilakukan, para calon pemimpin juga patut menyadari bahwa saat ini tantangan yang dihadapi adalah teknologi. Karenanya, setiap calon pemimpin harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Terlebih bagi generasi muda, mereka harus terus menggali dan mengembangkan diri supaya tidak gaptek atau gagap teknologi.


    Dengan mengikuti LPK ini dan sesudahnya, harapan saya, para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kepemimpinan masing-masing, sebagai persiapan diri untuk menjadi pemimpin di masa depan.

    Saya menyambut baik dan memandang kegiatan ini dapat memberi banyak kontribusi positif bagi pengembangan gerakan pramuka Indonesia dan generasi pemimpin di masa yang akan datang.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media