• Kabar

    26 Oktober 2021

    Pekan Vaksinasi Pelajar: Satu Siswa Ajak Satu Lansia


    Alhamdulillah, pada hari Senin (25/10/2021) yang lalu kami berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan Pekan Vaksinasi Pelajar di SMP Negeri 41 Kota Bandung. Kehadiran saya sebagai Wakil Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, sekaligus untuk menyampaikan apresiasi untuk seluruh pihak yang telah, sedang dan terus mendukung program vaksinasi di Jawa Barat.

    Kegiatan Pekan Vaksinasi Pelajar ini diinisiasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Regional II Jabar bersama Bank BJB, dan berlangsung pula di sejumlah SMP di Kota Cirebon, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Karawang. Sambil menggelar vaksinasi, OJK dan Bank BJB melakukan giat literasi keuangan untuk para pelajar, bertepatan dengan Oktober sebagai Bulan Inklusi Keuangan.


    Kasus Covid-19 masih menunjukkan angka naik-turun, yang artinya kita tidak boleh lengah. Karena itu, kami sangat mengapresiasi program vaksinasi yang didukung oleh semua pihak, di antaranya OJK, Bank BJB, pihak-pihak lainnya, dan tentu saja masyarakat. OJK Regional II Jabar sendiri telah mendapatkan amanah dari pemerintah pusat untuk memvaksin 468 ribu masyarakat Jabar. Kita perlu terus mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 ini untuk menyegerakan tercapainya herd immunity pada masyarakat Jabar.

    Suatu hal yang sangat menarik pada Pekan Vaksinasi Pelajar ini, setiap siswa harus mengajak satu orang tua atau lansia (kakek/nenek) untuk ikut divaksinasi. Cara ini tentu patut diberi apresiasi, sebab bukan hanya memberi manfaat bagi para siswa yang memerlukan vaksinasi sebagai syarat pembelajaran tatap muka, tetapi turut pula menggarap salah satu pekerjaan rumah kita, yakni vaksinasi untuk para lansia.


    Salah satu kendala dalam vaksinasi lansia, khususnya di wilayah pedesaan, yakni sulitnya akses ke lokasi pelaksanaan vaksinasi. Untuk mengatasi masalah ini kami mengajak para bidan untuk bergerak jemput bola ke rumah para lansia.

    Selain itu, kendala lainnya adalah masih cukup banyaknya hoaks yang beredar di kalangan masyarakat. Sebagai Bunda Literasi Jabar kami terus mendorong peningkatan literasi masyarakat, khususnya di pedesaan, mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19.


    Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu ikhtiar maksimal kita dalam menangani pandemi ini, yakni dengan mempercepat terbentuknya kekebalan masyarakat terhadap paparan virus corona. Vaksinasi dilaksanakan dengan vaksin yang sudah diuji keamanannya, halal, dan gratis untuk seluruh masyarakat.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media