• Kabar

    28 Februari 2022

    Senangnya, Pasar Cisarua Bogor Kini Sudah Selesai Direvitalisasi!


    Hari Sabtu (26/2/2022) yang lalu, saya berkesempatan mendampingi Gubernur Jawa Barat meresmikan hasil revitalisasi Pasar Cisarua Kabupaten Bogor, yang merupakan pasar terluas di Jabar. Turut hadir dan meresmikan dalam kegiatan ini, Bupati Bogor, Ibu Ade Yasin, beserta jajaran pemerintahan setempat.

    Alhamdulillah, kondisi Pasar Cisarua sekarang sudah ‘glowing’ dan tak lagi seperti keadaan sebelumnya, yang selama puluhan tahun terlihat kumuh dan tidak tertata. Pasar ini termasuk di antara pasar-pasar yang direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jabar melalui Program Pasar Rakyat Jabar Juara. Program ini menargetkan revitalisasi terhadap 25 pasar di seluruh Jawa Barat, dan sejauh ini telah terealisasi untuk sejumlah 21 lokasi pasar.


    Khusus untuk Pasar Cisarua, pendanaan sebesar Rp 33 miliar untuk pelaksanaan revitalisasi berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan ditambah lagi sebesar 6 miliar dari Pemkab Bogor. Hasilnya, kini Pasar Cisarua terlihat lebih rapi, lokasi PKL telah tertata, dan bebas sampah.

    Keunikan pasar ini, yakni di antaranya atap dari seluruh atap bloknya memakai konsep ‘Julang Ngapak’ khas Sunda, punya alun-alun, dan terdapat foodcourt di beberapa blok, yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.


    Revitalisasi pasar tradisional melalui Program Pasar Rakyat Jabar Juara tak hanya menyasar pada perbaikan kondisi fisik bangunan, tetapi juga berusaha meningkatkan kualitas pasar tersebut hingga mencapai standar SNI, di antaranya dengan penguatan digitalisasi.

    Sebagai Duta Pasar Juara Jabar, saya sangat menyambut gembira revitalisasi pasar-pasar tradisional, termasuk Pasar Cisarua. Kami, saya dan Kang Emil, juga sebenarnya memang lebih senang berbelanja di pasar tradisional, asalkan kondisinya nyaman, higienis, dan tertata rapi.


    Ke depannya, tak hanya merevitalisasi bagian dalam Pasar Cisarua, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga bermaksud memperbaiki akses jalan masuknya, yang kondisinya kini masih agak rusak dan terlalu sempit.

    Semoga perbaikan pasar-pasar tradisional memberi banyak dampak positif, terutama dalam hal peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Barat. Aamiin ya Rabbal alamiin.

    Yuk, wargi Kabupaten Bogor, sama-sama kita jaga Pasar Cisarua yang baru diresmikan ini. Wilujeng!

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media