• Kabar

    16 Februari 2022

    Mengambil Semangat dari Kampung Pramuka Kwarcab Tasikmalaya


    Selasa, 15 Februari 2022 yang lalu, alhamdulillah, saya berkesempatan menghadiri pelantikan pengurus Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, bertempat di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    Mereka yang dikukuhkan, yakni Bupati Tasikmalaya Bapak Ade Sugianto yang dilantik sebagai Kak Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang), Sekda Kabupaten Tasikmalaya Bapak Mohamad Zen sebagai Kak Ketua Kwarcab, serta turut dilantik pula Andalan dan LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) Gerakan Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, yang akan mengemban amanah pada masa bakti 2022-2027.


    Sungguh membahagiakan melihat kecintaan berbagai pihak terhadap Gerakan Pramuka, termasuk di Kabupaten Tasikmalaya. Terlebih kabupaten ini memiliki kelebihan, seperti dalam hal keagamaan dan seni budaya.

    Bukti nyata yang saya kunjungi pun sangat mengesankan. Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya sejauh ini telah mampu menghadirkan 9 ‘kampung pramuka’ yang dapat mendorong pemberdayaan masyarakat, dalam bentuk budidaya lebah madu, budidaya pohon pala, maupun menghasilkan berbagai produk UMKM untuk meningkatkan kemandirian ekonomi warganya.


    Itu adalah sesuatu yang keren dan patut menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain. Jika pada masa kepengurusan sebelumnya sudah ada 9 lokasi, maka semoga pada masa kepengurusan yang baru ini target pembentukan 39 kampung pramuka akan tercapai di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

    Upaya ini merupakan bukti komitmen bersama untuk memasyarakatkan gerakan pramuka hingga ke pelosok desa. Pembentukan kampung pramuka juga merupakan salah satu bentuk respon nyata gerakan pramuka Jawa Barat yang adaptif, solutif, dan kreatif terhadap perubahan zaman.


    Gerakan pramuka sekarang ini sedang berhadapan dengan disrupsi informasi dan global warming, maka sepatutnyalah harus hadir jadi yang terdepan sebagai katalisator kemajuan, dan melakukan sosialisasi yang menghadirkan solusi bagi masyarakat.

    Kabupaten Tasikmalaya, dan wilayah-wilayah lain di Jawa Barat memiliki keunggulan dan keistimewaan masing-masing. Jika upaya gerakan pramuka didukung oleh para stakeholders dengan antusias, sebagaimana yang saya lihat di Tasikmalaya, insya Allah akan tumbuh iklim kerja sama yang luar biasa dan memberi dampak positif bagi masyarakat. Aamiin ya Rabbal alamiin.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media