• Kabar

    03 Februari 2023

    Berbagi Semangat Kolaborasi untuk Pembangunan Karakter Anak Bangsa bersama Gerakan Pramuka Sukabumi


    Puji syukur alhamdulillah, pada hari Kamis, 2 Februari 2023, sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, saya dapat menghadiri kegiatan pelantikan Majelis Pembimbing Cabang dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Sukabumi.

    Saya mengajak seluruh pengurus yang sudah dilantik untuk bersungguh-sungguh menyosialisasikan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan pramuka di Kabupaten Sukabumi. Menurut hemat saya, Gerakan Pramuka dapat melahirkan karakter anak bangsa yang cekatan dan dapat merespons tantangan zaman.


    Saya menitipkan 3 hal yang harus dilakukan secara masif oleh Kwarcab Kabupaten Sukabumi, yakni:

    Pertama, sosialisasi dan reaktivasi gugus depan atau gudep, karena saya mendapatkan informasi bahwa disinyalir banyak sekolah yang gudepnya masih perlu diaktifkan kembali. Tentunya ada berbagai hal yang menjadi penyebab kurang atau tidak aktifnya gudep, hal tersebut perlu mendapatkan penelaahan dan dicari solusi terbaiknya.

    Kedua, saya mengajak seluruh stakeholders di Kabupaten Sukabumi untuk saling melengkapi dalam berbagai kegiatan kepramukaan. Semangat kita adalah selalu semangat kolaborasi, karena kita memang tak bisa berjuang sendirian. Semangat ini juga tercermin dari berkumpulnya semua elemen di dalam Mabicab, termasuk di antaranya Forkopimda, unsur masyarakat dan para tokoh masyarakat.

    Ketiga, digitalisasi, sebab kita tak bisa lari dari hal tersebut saat ini, dan yang terpenting adalah kita mampu meng-upgrade diri agar teknologi ini dapat dimanfaatkan sedemikian rupa untuk mempermudah hidup kita. Teknologi jangan sampai sebaliknya, malah membuat kita lengah dan menjadi korban semata.


    Saya berharap Mabicab dan Kwarcab Sukabumi dapat mendorong semua elemen kepramukaan untuk menghadirkan gerakan baru yang memberi kontribusi nyata dan berdampak positif bagi pembangunan karakter anak bangsa.

    Selamat dan sukses. Semoga harapan dan cita-cita mulia akan terwujud nyata dalam masa kepengurusan yang dijalani Mabicab dan Kwarcab Sukabumi yang baru dilantik ini. Aamin ya Rabbal alamiin.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media