• Kabar

    31 Januari 2023

    Yuk, Temukan Ragam Ide dan Kreasi Makanan Bergizi Berbahan Baku Lokal untuk Tekan Inflasi!


    Wargi Jabar, alhamdulillah saya berkesempatan bergabung dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) volume 112 yang dilaksanakan di Aula Timur Gedung Sate Kota Bandung, hari Selasa, 31 Januari 2023.

    Perbincangan kali ini berkisar tentang rencana pelaksanaan Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal yang diinisiasi oleh PKK Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, dan akan digelar pada tanggal 2-5 Februari 2023, bertempat di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung.

    Kegiatan menarik ini menghadirkan pameran makanan berbahan baku lokal dari PKK se-Jawa Barat, dan ditargetkan akan dihadiri oleh 25 ribu pengunjung yang berasal dari 27 kabupaten/kota se-Jabar. Para pengunjung dapat mencicipi kudapan berbahan baku lokal yang 70 persennya mengandung sayur dan buah-buahan.

    Festival ini memperkenalkan berbagai penganan berbahan baku lokal, dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang memanfaatkan bahan tersebut. Festival penganan lokal juga bertujuan menekan inflasi 2023 yang dampaknya semakin terasa di berbagai wilayah.

    Pelaksanaan acara ini merupakan program rutin tahunan untuk mendorong masyarakat, khususnya keluarga, memahami arti penting makanan dengan berbagai macam sumber gizi bagi keluarga mereka. Dilihat dari sisi kesehatan, kandungan bahan baku lokal yang memenuhi gizi seimbang dalam tubuh, diharapkan dapat menekan stunting.


    Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal merupakan momen penting untuk menemukan ide dan kreasi baru yang dapat didorong tampil ke depan, dengan harapan nantinya dapat mendukung upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

    Ide dan kreasi baru merupakan hal yang sangat penting, sebab Jabar punya sumber daya kuliner lokal yang luar biasa. Pemanfaatan potensi yang luar biasa tersebut perlu terus didorong agar berkembang, sehingga keluarga tak hanya makan ‘itu lagi-itu lagi’.

    Setiap daerah diharapkan dapat melihat keunikan wilayahnya masing-masing, lalu menentukan sendiri jenis sumber pangannya, lalu dipromosikan secara masif. Jika pengolahan kuliner berbahan baku lokal dapat berkembang, maka akan mendorong kemandirian ekonomi pula. Jika olahan berbahan baku lokal dapat disajikan atau dikemas dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan pula untuk dapat menjadi usaha kecil yang dikelola para ibu, misal untuk usaha katering.

    Menarik bukan? Yuk, kita hadiri dan saksikan, sambil mencicipi penganan khas Jabar yang berbahan baku lokal. Semoga kunjungan Akang Teteh juga memunculkan inspirasi untuk membuat bentuk kreasi baru lainnya yang pastinya istimewa pula.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media