• Kabar

    09 Januari 2022

    Pesan Adaptasi dan Penguatan Diri dari Acara Pelantikan Kwarcab Kota Sukabumi


    Hari Sabtu (8/1/2022) kemarin, alhamdulillah saya dapat menghadiri langsung dan mengikuti acara pelantikan Kwarcab (Kwartir Cabang) dan LPK (Lembaga Pemeriksa Keuangan) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi untuk masa bakti 2021-2026.

    Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi ini dihadiri oleh Ketua Mabicab Kota Sukabumi Bapak Achmad Fahmi, Ketua Kwarcab Bapak Dida Sembada, dan para pengurus lainnya. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh unsur forkopimda Kota Sukabumi, serta tamu undangan lainnya.

    Saya mengajak kepada Kwarcab dan LPK Gerakan Pramuka Kota Sukabumi agar menjunjung tinggi integritas dan bertindak profesional, mengedepankan sikap melayani, serta di dalam menjalankan amanah selalu menebarkan benih-benih kebaikan kepada masyarakat.


    Kita harus selalu menyadari bahwa seragam yang digunakan, dan kacu yang dipakai, mengandung tanggung jawab yang luar biasa. Ketika masyarakat melihat anggota pramuka sedang menggunakan seragam dan kacu ini, maka sepantasnyalah nilai kebaikan yang ada dalam ingatan mereka. Jika kebaikan itu menginspirasi, dan banyak orang yang ikut tergerak melakukannya, maka semakin meluas juga masyarakat yang menerima manfaatnya.

    Saya juga mengajak Gerakan Pramuka Kota Sukabumi untuk beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi kekinian. Salah satu wujud sikap adaptif adalah dengan menjadi relawan Covid-19 dan isoman, atau menjadi bagian dari solusi untuk penanganan pandemi ini.


    Kota Sukabumi sebagai kota idaman yang nyaman, dengan 400 ribu penduduknya, tentu akan memiliki banyak permasalahan dan tantangan ke depannya, baik menyangkut teknologi, persaingan, degradasi moral, maupun isu-isu lingkungan. Di tengah-tengah situasi ini, Gerakan Pramuka dapat tampil untuk mendukung penguatan diri dan menjadi bagian yang bersama-sama aktif melahirkan berbagai solusi terbaik.

    Semangat bertugas untuk yang baru dilantik, semoga selalu amanah. Hatur nuhun.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media