• Kabar

    22 Desember 2022

    Belajar dari Perjuangan Ibu Fatmawati, Perempuan Hebat Sumber Inspirasi Bangsa


    Alhamdulillah, saya berkesempatan membersamai Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam peringatan Hari Ibu ke-94, dengan mengunjungi rumah Ibu Fatmawati di Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, pada hari Rabu, 21 Desember 2022.

    Kegiatan yang dilaksanakan secara hibrida ini diikuti oleh sejumlah menteri, pimpinan lembaga tinggi negara, gubernur, bupati/walikota serta dinas pengampu urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dari 36 provinsi seluruh Indonesia. Selain itu, turut bergabung berbagai organisasi perempuan, organisasi keagamaan, forum anak, tokoh perempuan, serta pemerhati isu perempuan dan anak.

    Pada kesempatan ini, di rumah tempat asal istri proklamator tersebut, saya ikut menyaksikan penyerahan 200 paket bantuan untuk keluarga besar Ibu Fatmawati. Saya juga mendampingi Ibu Menteri melakukan kunjungan wisata di rumah ini, dan menghadiri jamuan makan siang bersama keluarga besar Ibu Fatmawati.


    Kunjungan ini menyisakan kesan yang mendalam. Perjuangan perempuan hebat bernama Fatmawati binti Hassan Din, sebagai Ibu Negara pertama yang membersamai proklamator kemerdekaan Soekarno, pada masa-masa berat meraih kemerdekaan RI, akan selalu menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia.

    Saya memandang Ibu Fatmawati sebagai sosok perempuan sederhana, tetapi memiliki pandangan visioner untuk kemajuan bangsa. Beliau bukan hanya seorang pahlawan perempuan yang menjahit Sang Saka Merah Putih untuk pertama kalinya, tetapi juga semenjak usia belia sudah menjadi pelopor pergerakan kemerdekaan di Bengkulu.

    Pada masa penjajahan Jepang, Ibu Fatmawati menjadi Ibu Negara yang tangguh saat suaminya, Bung Karno, mengalami banyak intimidasi. Ibu Fatmawati kemudian juga menjahit bendera merah putih yang pertama untuk Indonesia.


    Perjuangan beliau menjadi inspirasi bagi kita, bagaimana seorang pejuang perempuan mendampingi pemimpin bangsa dengan semangat dan cinta kasih. Hal itu menjadi kekuatan dan pembelajaran untuk saling menginspirasi.

    Inspirasi yang didapat dari kunjungan ini, menurut saya, senapas dengan semangat yang dikandung oleh tema peringatan Hari Ibu ke-94 tahun ini, yang masih sama dengan tema tahun sebelumnya, yaitu “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema ini juga tetap konsisten berfokus pada empat hal, yakni kewirausahaan perempuan, mempercepat kesetaraan, mempercepat pemulihan, perempuan dan digital economy, perempuan dan kepemimpinan serta perempuan terlindungi dan berdaya.

    Semoga kita bisa mengambil pelajaran berharga dari perjuangan Ibu Fatmawati dan terus berjuang untuk memberdayakan perempuan Indonesia, untuk sama-sama mewujudkan Indonesia yang semakin berkemajuan.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media