• Kabar

    03 Maret 2023

    Monitoring Imunisasi Difteri, Belajar Pentingnya Kekompakan dan Kolaborasi


    Pentingnya pemberian imunisasi difteri adalah sebuah kebutuhan yang tak bisa ditunda-tunda. Saya memiki perhatian khusus mengenai hal ini, dan sangat mendukung kolaborasi para pihak dalam melaksanakannya secara cepat dan tepat.

    Respon Dinas Kesehatan Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut patut mendapat apresiasi setinggi-tingginya, sebab telah bergerak cepat merespons kejadian luar biasa penularan difteri di wilayah Kabupaten Garut.

    Alhamdulillah, pada hari Rabu (1/3/2023) yang lalu, sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat saya berkesempatan menyaksikan sendiri pemberian imunisasi difteri pada anak-anak, yang berlokasi di SDIT Miftahul Huda Garut.

    Kepada para ibu yang hadir, saya sampaikan bahwa pemberian imunisasi tersebut merupakan ikhtiar pencegahan penularan difteri. Saya memang selalu berpikir bahwa bagaimanapun kepedulian para ibu tentunya adalah kesehatan dan keselamatan buah hatinya.


    Pemerintah cepat hadir untuk menjawab permasalahan munculnya kasus difteri di Garut. Kekompakan para stakeholders adalah kunci keberhasilan dalam meminimalkan penularan, dan kerja sama yang baik ini sudah terbukti saat semua pihak bahu membahu melawan pandemi COVID-19.

    Saya bersyukur menyaksikan kekompakan ini. Semua pihak ikut membantu, membentuk kolaborasi terbaik yang bisa diberikan demi kesehatan masyarakat.

    Selanjutnya, saya berharap dan mengimbau agar setiap orang tua dapat memberi perhatian yang terbaik dalam memberi asupan makanan, juga menjaga pola tidur yang cukup, untuk buah hati tercinta. Tak lupa, berikan imunisasi sebagai pencegahan penularan difteri. Mari kita saling mengingatkan mengenai betapa pentingnya imunisasi ini.

    Sebagai catatan, pada Selasa (28/2/2023), Dinkes Jabar melaksanakan Outbreak Response Immunization (ORI) guna menanggulangi wabah difteri yang baru-baru ini terjadi di Kabupaten Garut.

    ORI tersebut baru digelar di Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut yang sudah positif terjadi wabah difteri, dengan sasaran di Kecamatan Pangatikan lebih dari 11.000 anak yang berusia 0 - 11 bulan, bayi di bawah dua tahun, anak usia sekolah kelas 1, kelas 2, dan kelas 5 sekolah dasar.

    Semoga ikhitar kita ini mendapat kemudahan dan pertolongan dari Allah SWT, dan segenap warga Jabar selalu berada dalam kesehatan. Aamiin ya Rabbal alamiin.

    Apresiasi

    Inspirasi

    Media